Subscribe Here!

Islam Itu Indah

Islam Itu Indah

Raya

Baru Beberapa Hari Bekerja Tki Korea Ini Di Aniaya Majikannya

On 4/19/2017


Jeju korea selatan -  Tahun ini pemerintah indonesia membuka kembali program kerja sama G to G Sektor perikanan dengan korea selatan yang mana tahun sebelumnya di tiadakan dengan berbagai alasan dan pertimbangan.

Dengan  ujian system poin dan segala keterampilan BST yang di wajibkan kepada seluruh CTKI sektor fising guna meminimalisir masalah dalam melaksanakan  pekerjaan seperti mabuk laut,belum pernah kerja di kapal dan lain sebagainya.

Akan tetapi tidak serta merta masalah itu bisa di atasi dengan ketatnya penyaringan sewaktu mendaftarkan diri untuk berangkat bekerja di korea,

Terbukti mulai banyaknya kasus demi kasus yang menyandung TKI sektor fishing yang baru di berangkatkan,seperti halnya kasus yang di alami TKI atas nama Warsito  asal kota mangga yang di tempat kerjakan di pulau jeju korea selatan.

Warsito mendapatkan kontrak bekerja di sebuah kapal penangkapan ikan satu tim dengan pekerja asal negara srilangka,tapi nasib naas menimpa WT setiap harinya."kadang ketika kita salah sedikit bos selalu main kasar,nonjok bahkan kepala saya sampai berdarah, di asrama pun saya pernah di injak injak dengan alasan saya bekerja kurang mahir, ungkapnya.
"
Padahal wajar saja saya baru beberapa hari bekerja di situ masa mau di samain dengan yang sudah senior imbuhnya lagi

Sekitar 20 hari Warsito bekerja di kapal dengan menahan sakit dan mental yang lemah karena sering di pukul oleh bosnya,beruntung di daerah sekitar dia bekerja banyak orang orang indonesia yang kemudian mengetahui hal tersebut dan kemudian menggeruduk tempatnya bekerja dan melaporkan kepada kepolisian setempat.

Dengan proses yang begitu rumit ahirnya Warsito bisa lepas kontrak dari bos yang super duper tempramental tersebut,kini Warsito sudah mendapatkan pekerjaan baru yaitu di budidaya perikanan darat dan juga ada rekan kerja senegara indonesianya.

Dalam hal ini aziz wangsalan selaku jajaran pengurus organisasi di jeju menghimbau kepada CTKI korea khusunya fishing harus menyiapkan mental dan fisik yang kuat dan minimal punya atau pernah bekerja di kapal.

Soalnya 50% lebih TKI sektor fishing mendapatkan pekerjaan di laut lepas,"biasa ning umah macul ning kene luruh iwak ning laut ya mabok"imbuhnya lagi. apalagi mayoritas bos yang bekrja di kapal punya watak keras beda dengan yang di darat.

Dan di himbau juga supaya bekerja sesuai koridor yang berlaku,kalaupun nanti ingin pindah harus menuruti aturan aturan yang telah di tetapkan.dan apabila mengalami kekerasan hubungi pihak pihak terkait atau selter terdekat..
terima kasih juga buat teman teman yang sudah membantu proses perpindahan Warsito

salam fishing jeju.




Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

2 comments