Subscribe Here!

Islam Itu Indah

Islam Itu Indah

Raya

Bayar Listrik Mahal ?Anda Punya Warung atau Ruko untuk Usaha? Ayo Beralih ke Tarif Listrik B1, Ini Dia Caranya

On 8/14/2017


Indramayu. Kabar gembira untuk pelaku bisnis kecil/Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Setelah pencabutan subsidi R1-900VA yang merupakan mayoritas pelanggan PLN, karena pelanggan R1-900Va  sudah di anggap bener bener kaya oleh pemerintah sehingga subsidinya di cabut.

Migrasi tarif listrik B1 dari R1 adalah salah satu solusi yang tepat untuk mendapatkan tarif subsidi.

Namun, hal ini diperuntukkan bagi bangunan yang menjadi bisnis kecil/UMKM. Golongan tarif B1 adalah tarif listrik yang dikhususkan untuk kalangan usaha.
Pelanggan B1 adalah pemilik ruko, toko, maupun bangunan yang dijadikan tempat usaha, dengan daya di bawah 6600 VA.
Golongan Tarif/Daya Tarif (Rp /kWh)
- B-1/450 VA 535
- B-1/900 VA 630
- B-1/1300 VA 966
- B-1/2200 VA 1100
- B-1/3500 VA 1100
- B-1/5500 VA 1100
Tarif listrik terbaru

Anda akan ditampilkan konfirmasi berhasil berisi nomor registrasi, nomor agenda, jenis transaksi, total biaya, serta informasi telah dikirim sebuah email berisi nomor registrasi atau kode bayar. Lanjut denganmu buka email yang baru dikirim oleh PT PLN.


Perhatikan dengan detail e-mail tersebut di sana tertera nomor registrasi atau kode bayar silahkan dicatat dan disimpan. Sekarang tugas Anda adalah membayar biaya yang bisa dilakukan di kantor Pos atau agen PPOB.

Ingat katakan pada petugas Pos maupun PPOB bahwa Anda ingin membayar biaya PLN non tagihan bukan tagihan PLN. Karena jika dimasukkan ke dalam pembayaran tagihan tidak akan muncul data. Dibawah ini contoh print out bukti pembayaran biaya migrasi yang sudah saya lakukan di kantor Pos.

Setelah itu kembali buka email terakhir yang dikirim oleh PT PLN di sana terdapat link untuk cek status migrasi yang telah diajukan silahkan diklik.

Anda akan diarahkan ke halaman cek status pasang baru dan perubahan daya online. Pada opsi pencarian Silahkan pilih "IDPEL" lalu masukkan nomor registrasi yang ada di dalam e-mail kemudian klik "Cari"

Dari sana Anda akan ditampilkan hasil pencarian data pemohon tertera tarif baru B1T serta golongan dan tarif lama R1T. Itu menandakan proses migrasi golongan listrik R1 ke B1 telah berhasil.

Jika dalam waktu 24 jam setelah Anda membayar biaya migrasi status belum juga berhasil bisa menghubungi layanan call center PLN.
x



Cara Migrasi Tarif Listrik B1
- Nomor Meter PLN (ada pada stiker meteran listrik prabayar)
1. Buka layanan online perubahan daya/migrasi online PLN   www.pln.co.id 
Per 16 Mei 2017, website layanan online PLN sudah kembali online.
Jika website PLN kembali mengalami kendala, dimohon menunggu dan mencoba lagi hari berikutnya.


2. Klik SETUJU pada syarat & ketentuan

Selanjutnya adalah formulir data pelanggan silahkan diisi dengan lengkap mulai dari nama, wilayah, area pelayanan, hingga ke tarif atau daya baru. Serta isi alamat email, nomor hp, dll. di formulir data pemohon. Isi alamat email yang masih aktif dan sering Anda akses karena nantinya akan dikirim email konfirmasi.

Pada formulir tarif atau daya baru isi masing-masing kolom sesuai dengan produk layanan dan pilih peruntukan "Bisnis" selanjutnya isi keperluan untuk usaha Anda serta daya yang diinginkan. Saat Anda klik "Hitung Biaya" akan ditampilkan biaya administrasi yang harus dibayar.


Anda bisa menghitung biaya apabila semua data pelanggan dan data pemohon sudah diisi dengan lengkap. Biasanya dikenakan biaya sebesar Rp20.000.


Langkah selanjutnya silahkan buka kotak masuk email yang tadi didaftarkan di sana ada email yang dikirim oleh PT. PLN silahkan baca dengan detail. Perhatikan pada bagian bawah Anda diberi kode transaksi yang harus dimasukkan dengan mengklik link yang ada pada email tersebut.

Setelah link pada email dibuka menampilkan halaman konfirmasi pasang baru dan perubahan daya online masukan kode transaksi tadi kemudian klik "Simpan"
PLN akan mengunjungi lokasi Anda untuk penggantian MCB (jika naik/turun daya). Staf ini bisa dari pegawai PLN maupun pihak rekanan PLN.
Estimasi adalah 3 hari hingga 1 bulan sejak pembayaran dilakukan.
Petugas PLN akan datang untuk melakukan survey dan meminta syarat dokumen usaha (jika diminta).
Hindari pungli atau gratifikasi jika petugas meminta nominal uang agar survey disetujui.
di bawah ini perbedaan nominal pembayaran sewaktu masih golongan R1  dan sesudah migrasi ke golongan B1
pengalaman pribadi

waktu masih golongan R1


sesudah migrasi ke B1


semoga infonya bermanfaat


Next
« Prev Post
Previous
Next Post »