LIKE FANSPAGE

Islam Itu Indah

Islam Itu Indah

Raya

Ekonomi Korea Melemah, Pengusaha Sektor Perikanan Banyak yang Terpuruk

On 12/03/2019


Jejudo. Tingginya kenaikan upah yang di putuskan pemerintah korea selatan tidak serta merta membawa dampak positif bagi dunia usaha yang berjalan di negeri ginseng tersebut.

Banyak perusahaan yang merasa terbebani dengan kenaikan upah tersebut, tak jarang banyak perusahaan yang mengurangi jam kerja ada pula yang melakukan PHK terhadap sebagian pegawainya dan tak jarang pula ada beberapa perusahaan yang menutup kegiatan usahanya ( bangkrut ).

Hal tersebut tidak hanya terjadi di sektor industri manufaktur, tapi juga terjadi di sektor perikanan.salah satunya yang menimpa sebut saja Anggi dan yanto salah satu TKI yang bekerja di budidaya perikanan.

Anggi dan beberapa rekannya terpaksa di PHK dan harus mencari pekerjaan di perusahaan lain di karenakan perusahaannya bangkrut, yang mana sebelumnya gajinya sempat nunggak sekitar 4 bulan belum terbayarkan.

Sedangkan di perusahaan tempat yanto bekerja,yanto dan teman temannya di haruskan cuti satu bulan ( bergantian )
Tanpa di gaji.hal ini di duga sebagai penghematan beban pengeluaran perusahaan.

Banyak juga mengalami bonus di hapuskan,sedangkan perusahaan di bolehkan memotong uang asrama dan uang makan.

Pengusaha sektor perikanan budidaya tahun ini seakan menjerit di karenakan harga ikan yang teramat anjlok di tambah lagi ekspor ke jepang yang kian menurun di karenakan embargo boikot memboikot produk antara jepang dan korea.

Banyak TKI sektor perikanan yang hilir mudik mencari lowongan pekerjaan antara daerah jeju,teongyeong,pohang,wando  dan wilayah lainnya.

Rata rata mereka mencari sektor budidaya perikanan di darat,karena tidak sedikit mereka pernah bekerja di kapal penangkapan ikan dan merasa tidak kuat mental dan fisik sehingga memutuskan untuk pindah dengan melalui prosedur yang semestinya.

Hingga tulisan ini di muat masih banyak hilir mudik TKI yang mencari lowongan pekerjaan, mencari diantara DEPNAKER korea  di wilayah yang mereka inginkan.

Dari wilayah teongyeong migrasi ke jeju begitupula sebaliknya dari jeju mencari pekerjaan ke teongyong  dan wilayah lainnya.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »