LIKE FANSPAGE

Islam Itu Indah

Islam Itu Indah

Raya

Banyak Masuk TKI Ilegal , 8 Wisatawan Indonesia Tertahan di Imigrasi Bandara Jeju

On 1/07/2020


Pulau jeju.  Maraknya kembali arus TKI ilegal yang masuk ke pulau jeju korea selatan ahir ahir ini berdampak negatif untuk para wisatawan indonesia yang ingin berlibur ke pulau yang berada di semenanjung korea tersebut.

Seperti di ketahui ahir ahir ini banyak oknum oknum nakal yang kembali mengirimkan WNI ke pulau jeju untuk bekerja tanpa melalui mekanisme yang benar.rata rata mereka berpura pura akan berwisata ke pulau jeju bermodal paspor,tiket pesawat pp dan bookingan tempat penginapan.dikarenakan jeju bebas visa ,banyak yang mengakalinya untuk mencari pekerjaan.

Padahal di pulau jeju sendiri minim pekerjaan untuk pekerja ilegal,tak jarang mereka di pekerjakan di perkebunan jeruk,lobak dan lainnya yang bersifat musiman.setelah musimnya habis mereka tak akan bisa bekerja lagi di tempat tersebut,tak jarang mereka tidak akan mampu bertahan dan akan kembali pulang ke indonesia,padahal sudah menghabiskan modal yang lumayan banyak,

Padahal Komunitas Wni di jeju sudah memberi Warning supaya jangan ada lagi yang mau di bawa ke jeju untuk di pekerjakan secara ilegal,tapi kebanyakan dari mereka menghiraukannya.tak ayal setelah sampai di jeju rata rata penyesalan yang di dapatnya.

Kasus serupa pernah terjadi di tahun 2016, dimana pelaku bersama komplotannya berhasil di tangkap pihak kepolisian indonesia maupun kepolisian korea, dikarenakan kasus ini melibatkan oknum di kedua negara.Kasus itu berhasil di bongkar berkat kerjasama WNI yang bekerja di pulau jeju dan Kedutaan Besar RI yang berada di Seoul.

Di tahun 2016 lebih dari 50 orang terlantar dan terlunta lunta,tanpa pekerjaan tanpa uang dan tanpa tempat tinggal, karena oknum yang membawa mereka ke jeju lepas tangan ketika mereka  sudah di serah terimakan pada broker yang berkewarganegaraan korea.

Senin 6 Desember kemarin Imigrasi Bandara jeju Menahan sekitar 8 orang wisatawan asal indonesia yang akan masuk ke pulau jeju, salah satu yang tertahan adalah YULIA,WNI asal Patrol indramayu yang akan berlibur ke pulau jeju sekaligus bertemu dengan suaminya yang bekerja di pulau tersebut.

Yulia beserta 7 WNI lainnya di bawa ke kantor imigrasi bandara jeju dan di interogasi terkait tujuan kedatangannya, padahal dokumen yang di pegangnya sudah lengkap termasuk paspor,Tiket PP dan surat Undangan dan jaminan dari perusahaan tempat suaminya bekerja,sempat tertahan selama hampir 3 jam ahirnya Yulia bisa keluar dari bandara setelah pihak imigrasi menghubungi pihak penjamin yaitu pihak perusaahan tempat suaminya bekerja.

Waktu keluar dari kantor imigrasi bandara yang semula tertahan 8 orang, ketika Yulia keluar masih tersisa 3 WNI yang masih tertahan,padahal sepertinya dokumen juga lengkap.

Semakin di persulitnya WNI untuk berwisata di pulau jeju tak lepas dari banyaknya WNI ayng liburan di pulau tersebut namun ahirnya mereka mencari pekerjaan sehingga mereka kebanyakan melebihi batas ijin tinggal dan menjadi pekerja ilegal.

Sewaktu di bandara di indonesia juga, imigrasi sangat detail terhadap WNI yang akan berlibur ke pulau jeju korea selatan. Pihak imigrasi Indonesia juga sampai menelpon Suami dari Yulia untuk memastikan kebenaran dari tujuannya berlibur ke pulau Balinya korea tersebut.





Selamat berlibur

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »